Rostec: Rudal Hipersonik Kinzhal Tidak Ada Penangkalnya saat Ini

Moskow – Saat ini tidak ada alat yang bisa menghalangi atau menangkis (countermeasure) rudal hipersonik Kinzhal Rusia di dunia, ujar CEO Rostec Sergey Chemezov.

“Rudal Kinzhal kami […] pertama, mereka tepat – mereka mengenai target mereka pada jarak jauh. Ditambah lagi, mereka memiliki kecepatan yang sangat tinggi – secara efektif tidak mungkin untuk mencegat rudal semacam itu. Sejauh ini, tidak ada tindakan balasan terhadap rudal kami,” katanya, Rabu, 1/9/2021, dikutip TASS.

Kinzhal adalah kompleks penerbangan terbaru Rusia yang mencakup pesawat pengangkut MiG-31K dan rudal hipersonik. Saat ini, satu skadron MiG-31K di Distrik Militer Selatan dipersenjatai dengan rudal ini.

Rusia telah menguji rudal hipersonik ini di berbagai tempat yang berbeda, untuk melihat kinerjanya.

“Tugas-tugas tugas tempur sistem Rudal Hipersonik Kinzhal sedang dipraktikkan. Rudal-rudal itu diuji coba pada rentang pelatihan dalam kondisi iklim yang berbeda, termasuk di Kutub Utara,” kata Gerasimov beberapa waktu lalu.

Rudal udara-ke-permukaan hipersonik “Kinzhal”, dalam bahasa Rusia berarti “belati”, telah diuji setidaknya tiga kali. Pada bulan Juli 2019, Kremlin berhasil menguji senjata terhadap target hampir 500 mil jauhnya (sekitar 800 km).

Rudal hipersonik Kh-47M2 Kinzhal adalah Rudal Aero-Balistik Hipersonik berpresisi tinggi yang diperkenalkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun 2018 sebagai salah 1 dari 6 senjata strategis baru Rusia.

Peluru kendali baru itu memiliki jangkauan lebih dari 2.000 km kecepatan Mach 10, serta kemampuan untuk melakukan manuver menghindar di tahap penerbangan.

Rudal canggih Rusia ini dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir. Rudal Kinzhal berakselerasi ke kecepatan hipersonik dalam beberapa detik setelah peluncuran dan melakukan manuver di semua tahapan lintasan penerbangan untuk menghindari pertahanan Rudal musuh.

 

*Foto: Rudal hipersonik Kinzhal dingkut pesawat tempur MiG-31. (@ President of the Russian Federation website)

2 pemikiran pada “Rostec: Rudal Hipersonik Kinzhal Tidak Ada Penangkalnya saat Ini”

%d blogger menyukai ini: