Fregat FS Aquitaine Prancis Latihan Gabungan dengan Kanada dan AS

Fregat FREMM Angkatan Laut Prancis FS Aquitaine (D 650) bergabung dengan Armada Atlantik Kanada dan kapal US Navy, di Halifax, Kanada, 3/09/2021, untuk latihan gabungan Cutlass Fury 21 sebagai ajang mempromosikan dan memperkuat interoperabilitas dan kesiapan operasi.

Program FREMM (Fregate Europeenne Multi-Missions / FREMM) merupakan proyek kerja sama industri Pertahanan Italia-Prancis untuk generasi baru fregat, yang memiliki garis dasar yang sama, tetapi berbeda dari satu negara ke negara lain dalam fungsi dan persyaratan operasional.

Fregat untuk Angkatan Laut Italia diberi nama Bergamini Class yang dibangun di galangan kapal Fincantieri di Riva Trigoso-Muggiano. Kapal memiliki bobot penuh sekitar 6.500 ton, panjang keseluruhan sekitar 144 meter dan kecepatan tertinggi melebihi 27 knot.

Adapun yang FREMM yang dibangun di Prancis diberi nama Aquitaine class.

Fregat FREMM dilengkapi dengan sejumlah varian modul tabung peluncur rudal (VLS). Tabung peluncur ang umum ditawarkan oleh Fincantieri adalah format 2×8 SYLVER A-43 (16-cell) dengan rudal pertahanan udara Aster 15 buatan MBDA, atau tabung peluncur SYLVER A-50 (16-cell) untuk mengusung rudal pertahanan udara Aster-15 dikombinasikan dengan Aster-30, atau semuanya menggunakan Aster-30.

Fregat FS Aquitaine Prancis Latihan Gabungan dengan Kanada dan AS. (@RCN_MARLANT -Maritime Forces Atlantic is the Royal Canadian Navy)

Sylver (SYsteme de Lancement VERtical) adalah sistem peluncuran vertikal (VLS) yang dirancang oleh DCNS. Peluncur hadir dalam beberapa varian, masing-masing dibedakan berdasarkan ketinggiannya. A-35 dan A-43 dikembangkan untuk meluncurkan rudal permukaan-ke-udara jarak pendek. Sementara A-50 untuk sistem pertahanan udara jarak jauh (The Principal Anti Air Missile System (PAAMS) yang dikembangkan oleh Prancis, Italia dan Inggris untuk sistem perang anti-pesawat terintegrasi.

Adapula peluncur A-70 untuk rudal yang lebih besar seperti rudal jelajah untuk serangan darat Angkatan Laut SCALP. Angka pada Sylver mengacu pada perkiraan panjang rudal yang dapat ditampung, dalam desimeter, yaitu A-43 dapat menampung rudal dengan panjang hingga 4,3 meter sedangkan A-70 dapat menampung rudal hingga 7 meter.

Fregat Aquitaine class Prancis mengusung SYLVER A-43 (2×8 = 16-cells) yang membawa rudal Aster-15 ditambah tabung peluncur SYLVER A-70 (2×8, 16-cell) untuk mengusung rudal jelajah (Naval) MBDA SCALP.

Di bagian depan fregat Aquitaine class terpasang dua modul tabung peluncur yakni: SYLVER A-43 (2×8) dan SYLVER A-70 (2×8). Sebagian lain fregat FREMM Prncis menggunakan formasi: Sylver A-50 (2×8 = 16 cells) dan SYLVER A-70 (2×8, 16-cell), membuat kapal perang ini menyeramkan untuk musuh.

%d blogger menyukai ini: