Aksi Tim Phoenix Raven dalam Evakuasi Pengungsi Afghanistan

Tim dari USAF Phoenix Raven 2339 ikut mengamankan pengangkutan pengungsi dengan pesawat C-17 keluar dari Afghanistan, tidak lama setelah Taliban menguasai Ibu Kota Kabul dan mengontrol jalanya pemerintahan di Afghanistan di akhir Agustus 2021. Foto ini dirilis FB USAF Phoenix Raven, 4/9/2021.

Tim Phoenix Raven dalam Evakuasi Pengungsi Afghanistan. (@SAF Phoenix Raven)

Program Phoenix Raven dari Komando Mobilitas Udara USAF didirikan yang pada tahun 1997, dengan beranggotakan tim personel pasukan keamanan yang terlatih khusus, yang didedikasikan untuk menyediakan keamanan bagi pesawat AMC yang transit di daerah ancaman teroris dan kriminal yang tinggi.

Misi Program Phoenix Raven untuk memastikan tingkat keamanan jarak dekat yang dapat diterima untuk lapangan terbang transit pesawat di mana keamanan tidak diketahui atau keamanan tambahan diperlukan untuk melawan ancaman lokal.

Sebagai buntut dari pemboman Menara Khobar pada tahun 1996 dan sebagai akibat dari peristiwa serius lainnya di seluruh dunia, mantan Komandan AMC Jenderal Walter Kross menerapkan Program Raven Phoenix pada Februari 1997. Sejak itu, Ravens dari dalam komando dan Raven dilatih pasukan keamanan dari luar komando, telah menemani lebih dari 1.900 misi AMC ke hot spot internasional di seluruh dunia.

Konsep Operasi

dok. Empat Pasukan Keamanan Angkatan Udara RAVEN bersiap untuk keluar dari bagian belakang C-17A Globemaster III. (Foto Angkatan Udara AS oleh Sersan Master Keith Reed)

Tim yang terdiri dari dua hingga empat personel pasukan keamanan yang terlatih dan diperlengkapi secara khusus ditempatkan sebagai anggota awak pesawat dalam misi AMC sebagaimana ditentukan oleh Kelompok Kerja Ancaman AMC.

Tim Raven membantu mendeteksi, mencegah, dan melawan ancaman terhadap pesawat AMC dengan melakukan keamanan pesawat jarak dekat; menasihati awak pesawat tentang langkah-langkah perlindungan kekuatan; melakukan penilaian lapangan terbang; dan membantu awak pesawat dalam menjalankan tugas mereka ketika tidak melakukan tugas keamanan utama mereka.

Tim Phoenix Raven mengerjakan semua jenis misi pengangkutan udara AMC termasuk misi dukungan teater, kontinjensi, latihan, atau penyebaran.

%d blogger menyukai ini: