Kapal Perang India-Singapura Latihan Dekat Laut China Selatan

Kapal Perang Angkatan Laut India dan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) melakukan latihan Bilateral Maritim #SIMBEX yang dilakukan 02 sampai 04 21 September 2021, RSN di pinggiran selatan Laut Cina Selatan.

Latihan ini juga melibatkan helikopter & Pesawat Patroli Maritim berpartisipasi dalam latihan di laut.

Dalam latihan Bilateral Maritim Singapura-India (SIMBEX) edisi ke-28 ini, Angkatan Laut India diwakili oleh Guided Missile Destroyer INS Ranvijay dengan satu helikopter ship borne, ASW Corvette INS Kiltan dan Guided Missile Corvette INS Kora dan satu Pesawat Patroli Maritim Jarak Jauh P8I, ungkap Kementerian Pertahanan India, 4/9/2021.

Kapal Perang India-Singapura Latihan di Dekat Laut China Selatan (@Indian Navy)

Peserta dari RSN termasuk satu Frigate Kelas Tangguh, RSS Steadfast, berangkat dengan helikopter angkatan laut S-70B, satu Korvet Rudal Kelas Kemenangan, RSS Vigour, satu Kapal Selam Kelas Pemanah dan satu Pesawat Patroli Maritim Fokker-50. Empat pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) juga berpartisipasi dalam latihan selama Latihan Pertahanan Udara.

Dimulai pada tahun 1994, SIMBEX adalah latihan maritim bilateral terpanjang Angkatan Laut India dengan angkatan laut asing mana pun. Mempertahankan kesinambungan keterlibatan yang signifikan ini terlepas dari tantangan pandemi yang sedang berlangsung semakin menggarisbawahi kekuatan hubungan pertahanan bilateral antara kedua negara.

Terlepas dari kendala ini selama tahap perencanaan, kedua angkatan laut dapat mencapai eksekusi yang mulus dan aman dari beberapa evolusi yang menantang termasuk penembakan senjata langsung dan serial perang angkatan laut tingkat lanjut, termasuk latihan perang anti-kapal selam, anti-udara dan anti-permukaan. Skala dan kompleksitas latihan adalah bukti yang cukup untuk interoperabilitas yang dicapai antara kedua Angkatan Laut.

SIMBEX edisi tahun ini juga merupakan momen spesial karena berlangsung selama perayaan 75 tahun kemerdekaan India yang sedang berlangsung. Keberhasilan SIMBEX-2021 merupakan bukti lain dari tekad bersama kedua belah pihak untuk memperkuat kemitraan bilateral lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.

Karena kendala terkait pandemi yang sedang berlangsung, SIMBEX tahun ini direncanakan tanpa interaksi fisik sebagai latihan ‘hanya di laut’ yang diselenggarakan oleh RSN di pinggiran selatan Laut Cina Selatan.

Hubungan pertahanan India-Singapura tetap menjadi aspek yang sangat signifikan dari keseluruhan hubungan bilateral dan mencakup spektrum kolaborasi yang sangat luas dari pertukaran militer-ke-militer konvensional hingga HADR dan keamanan siber.

Kedua angkatan laut memiliki perwakilan di Pusat Penggabungan Informasi Maritim masing-masing dan juga baru-baru ini menandatangani perjanjian tentang dukungan dan koordinasi penyelamatan kapal selam bersama.

%d blogger menyukai ini: